Tips menurunkan berat badan secara sehat

Tips menurunkan berat badan secara sehat

Tips menurunkan berat badan secara sehat – Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal dan sehat bak artis Korea? Tentunya, setiap orang memiliki keinginan seperti itu. Badan ideal seakan-akan menjadi salah satu tujuan yang perlu dicapai demi meningkatkan kualitas hidup. Ada banyak cara yang dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh ideal, salah satu di antaranya adalah dengan melakukan diet.

Diet dinilai sebagai salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Tentunya diet perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur agar hasil tubuh yang didapatkan bisa maksimal. Namun sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bagaimana melakukan diet yang benar. Beberapa orang melakukan diet dengan instan dengan harapan bisa mendapatkan tubuh ideal secara cepat. Sayangnya, biasanya yang instan tidka akan bertahan lama dan cenderung tidak sehat.

Lalu, bagaimana melakukan diet yang benar agar didapatkan tubuh ideal dan sehat? Berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

Atur pola makan

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi makan namun mau tidak mau harus melakukan diet untuk menghindari obesitas, tips ini cukup sulit untuk dilakukan. Sulit, namun bisa diatasi jika ada kemauan keras untuk mencoba menghadapinya. Mengatur pola makan maksudnya adalah mengatur kapan waktu yang tepat untuk makan. 

Misalnya, jika sarapan pukul 06.30, maka waktu makan siang adalah pukul 12.00 serta waktu makan malam adalah maksimal pukul 17.00. Kenapa makan malam cenderung harus dilakukan ketika masih sore? Hal ini dilakukan karena sistem pencernaan kita cenderung bekerja lebih lambat ketika memasuki malam hari, sehingga setidaknya sebelum tidur, semua makanan yang masuk ke dalam tubuh sudah berhasil dicerna oleh sistem pencernaan kita dengan baik. Itulah kenapa kita tidak diperbolehkan makan malam lalu langsung dilanjut tidur, karena sistem pencernaan belum selesai mencerna apa yang kita makan. Biasanya tindakan inilah yang menyebabkan perut buncit. 

Dengan mengatur pola makan, harapannya adalah kita memberikan waktu kepada sistem pencernaan untuk mencerna dengan baik dan sampai tuntas apa yang kita makan sebelumnya. Hal ini juga dapat mencegah tertimbunnya lemak-lemak jahat di dalam tubuh kita. 

Atur jumlah kalori yang masuk

Mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah hal penting lain yang perlu dilakukan ketika sedang melakukan diet. Jumlah kalori yang masuk harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh kita. Nah kebutuhan kalori setiap manusia itu berbeda beda tergantung usia dan jenis kelamin. Kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh anak-anak jauh lebih sedikit dibandingkan kebutuhan kalori orang dewasa. Pun, kebutuhan kalori orang dewasa laki-laki juga berbeda dengan kebutuhan kalori orang dewasa wanita. Pentingnya mengatur jumlah kalori ke dalam tubuh untuk mencegah timbulnya lemak yang tidak terbakar sempurna oleh tubuh.

Olahraga teratur, bukan ekstrem

Terkadang, saking semangatnya untuk menurunkan berat badan, tidak jarang orang-orang melakukan olahraga ekstrem untuk mendapatkan hasil secara instan. Padahal cara tersebut adalah salah. Olahraga yang ekstrem yang dibarengi dengan ketatnya pola makan justru bisa menimbulkan gangguan nafsu makan yang disebut anoreksia. Anoreksia adalah gangguan dengan gejala ingin memuntahkan kembali makanan yang baru saja masuk ke dalam mulut. Anoreksia bisa benar-benar mengancam jiwa si penderita apabila tidak ditangani dengan benar. Kondisi anoreksia yang tetap dipaksa untuk melakukan olahraga ekstrem dapat membuat tubuh penderita menjadi kurus dan di bawah berat badan normal. Oleh karena itu, ada baiknya cukup melakukan olahraga yang teratur, seperti berjalan selama tiga puluh menit selama dua sampai tiga kali dalam seminggu dan dibarengi dengan pola makan yang sehat dan teratur. Hal ini dipercaya mampu menciptakan tubuh ideal dan sehat untuk kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*