Kesehatan Mental, Cara Deteksi Awal dan Penanganan tepat

Kesehatan Mental, Cara Deteksi Awal dan Penanganan tepat

Kesehatan Mental, Cara Deteksi Awal dan Penanganan tepat – Selama ini kita selalu merasa perlu untuk menutupi kesehatan mental, namun kenyataannya tahun 2020 saatnya kita merasa bebas untuk berbicara mengenai kesehatan mental. Rasa malu serta stigma masyarakat mengenai kesehatan mental sebagai aib membuat banyak orang yang akhirnya mengabaikan masalah kesehatan mental sehingga ketika terjadi sesuatu yang fatal, sudah terlambat untuk penanganan. 

Kapan perlu menemui ahli jiwa? 

Ada beberapa warning yang perlu diwaspadai jika anda merasa mengalami beberapa gejala kesehatan mental yang kurang baik. 

  • Anda merasa kualitas tidur anda sangat buruk. Sering merasa insomnia, tidak dapat tidur dengan lelap. Anda perlu mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur anda untuk membantu menyembuhkan insomnia anda. 
  • Mulai isolasi diri. Memang, seringkali menyendiri bisa menjadi solusi ketika anda membutuhkan waktu untuk berpikir akan masalah hidup atau perlu akan pikiran yang mendalam. Namun disini, anda perlu memisahkan antara menarik diri dari keluarga dan teman karena itu bisa menjadi salah satu tanda dari kesehatan mental yang sudah terganggu. 
  • Mood swing, tidak sabar dan cepat marah. Jika anda sering merasa cepat marah dan tidak sabar maka anda perlu mewaspadai sebagai gejala adanya depresi atau kecemasan. 
  • POla makan yang berubah dengan drastis.  Seiring dengan bertambahnya depresi, maka pola makan anda bisa saja berubah. Gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan nafsu makan berkurang. 
  • Kesulitan untuk konsentrasi. Siapapun bisa saja mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. 
  • Mengalami perasaan sakit yang tidak bisa dijelaskan. 
  • Sangat enggan untuk bekerja. Kekecewaan serta perasaan ketidak pedulian mengenai pekerjaan bisa menjadi tanda kelelahan namun bisa juga sebagai tanda depresi dan kecemasan yang dapat mengganggu kinerja. 

Meningkatkan kesehatan mental 

Anda bisa meningkatkan kesehatan mental anda dengan cara sederhana berikut ini. 

  1. Selalu berpikir untuk optimis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu optimis memiliki resiko terkena stroke dan jantung lebih sedikit. Hal ini karena orang optimis lebih banyak memiliki kecenderungan untuk makan sehat, berolahraga, serta hidup teratur. Orang yang memiliki pandangan positif juga memiliki harapan hidup lebih dari 85 tahun. 
  2. Memiliki hubungan sosial yang baik dengan keluarga dan teman akan menjadi salah satu cara paling enak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental. 
  3. Bersyukur. Dengan bersyukur anda dapat meningkatkan rasa optimis serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Dengan merasa bersyukur anda juga akan selalu diingatkan akan kebaikan orang dan keinginan untuk membantu setiap hari. Anda bisa bersyukur dengan berdoa, melakukan ibadah ataupun beramal. 
  4. Menemukan tujuan akan hidup yang hendak kamu capai. Hal ini sangat penting karena dengan menemukan tujuan akan hidup dapat menjadi pegangan dalam keseharian. Anda bisa menemukan tujuan hidup berupa agama, kehidupan sosial, maupun makna kehidupan sendiri yang ingin anda capai. 
  5. Menghargai diri sendiri. Seringkali, sebab utama dalam penyebab kesehatan masalah adalah kesulitan untuk menerima dan menghargai diri sendiri. Hal ini terutama ketika anda mengalami trauma akan kesalahan atau memiliki target yang tidak tercapai lalu merasa depresi karena tidak dapat menerima hal tersebut. 

Mengapa Kesehatan Mental Penting 

Kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jika anda mengalami gangguan kesehatan anda bisa saja mengalami hambatan dalam berpikir serta bertindak. Untuk menjaga kesehatan mental, selalu cerita kepada orang lain untuk sharing ketika anda memiliki masalah sehingga dapat menurunkan resiko stress.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*