Apakah Penyakit Hepatitis Itu?

Apakah Penyakit Hepatitis Itu?

Apakah Penyakit Hepatitis Itu? – Baru-baru ini banyak pemberitaan di televisi tentang penyakit hepatitis yang menyerang murid-murid dari satu sekolah. Meski bukan penyakit baru, namun penyakit satu ini memang tidak terlalu sering terdengar. Orang-orang bahkan ada yang belum terlalu mengenal tentang penyakit hepatitis ini.

Lalu sebenarnya apa itu penyakit hepatitis? Bagaimana gejala dari penyakit ini? Bagaimana cara menghindari atau mencegahnya? Jika ingin tahu, mari simak penjelasan dan ulasannya di artikel ini karena kami akan menjelaskannya sedikit pada anda. 

Apa Itu Penyakit Hepatitis?

Hepatitis merupakan penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi pada hati. Penyakit satu ini dapat menganggu beberapa fungsi tubuh yang berkaitan dengan metabolisme seperti menetralisir racun dalam tubuh, menguraikan karbohidrat serta lemak dan protein, mengaktifkan berbagai enzim, menghasilkan empedu pencernaan lemak, membuang bilirubin dan beberapa lainnya.

Penyakit Hepatitis sering disebut disebabkan karena virus, namun ternyata tidak hanya hal itu yang menyebabkan adanya penyakit ini. Penyakit ini juga memiliki beberapa jenis. Adapun pembagian jenis Hepatitis yang disebabkan oleh virus adalah seperti berikut:

  • Hepatitis A

Penyakit hepatitis jenis ini disebabkan oleh virus HAV (virus Hepatitis A) yang disebarkan melalui minuman atau makanan yang terkontaminasi feses dari penderita hepatitis A.

  • Hepatitis B

Jenis yang ini disebabkan oleh virus HBV (virus Hepatitis B) yang disebarkan melalui cairan tubuh yang terkena virus hepatitis B.

  • Hepatitis C

Ini disebabkan oleh virus HCV (virus Hepatitis C) yang ditularkan melalui cairan tubuh terutama dari jarum suntik.

  • Hepatitis D

Penyakit Hepatitis jenis yang satu ini disebabkan oleh virus HDV (virus Hepatitis D) yang dapat berkembang biak di tubuh tanpa adanya hepatitis B dan dapat ditularkan melalui darah atau cairan tubuh yang lainnya. 

  • Hepatitis E

Hepatitis jenis ini disebabkan oleh virus HEV (virus Hepatitis E) yang dapat dengan mudah terjadi karena lingkungan yang sanitasinya kurang baik.

Gejala yang Dialami Penderita Hepatitis

Seperti penyakit kebanyakan, Hepatitis juga memiliki beberapa gejala yang harus dikenali. Berikut adalah gejala dari penyakit tersebut:

  1. Nyeri perut
  2. Penurunan berat badan 
  3. Nafsu makan turun drastis atau kehilangan nafsu makan
  4. Urine menjadi berwarna gelap seperti the
  5. Feses memiliki warna pucat
  6. Kulit dan mata berwarna kuning
  7. Mengalami gejala seperti penyakit flu yaitu demam, mual, muntah dan lemas

Cara Menghindari Terkena Penyakit Ini

Penyakit hepatitis juga dapat dicegah dan dihindari. Untuk itu kami akan memberitahukan kepada anda bagaimana mencegah penyakit ini agar tidak menyerang tubuh. Inilah cara mencegah dan menghindarinya:

  1. Mengetahui riwayat dari keluarga (riwayat penyakit)
  2. Vaksinasi virus Hepatitis tipe A
  3. Mencuci tangan sebelum mengolah makanan
  4. Mencuci tangan sebelum memakan apapun
  5. Tidak secara sembarangan mengkonsumsi makanan mentah
  6. Menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit hepatitis tipe A
  7. Menjaga kebersihan diri
  8. Menjaga kebersihan makanan
  9. Imunisasi saat bayi
  10. Bagi penderita tidak boleh mendonorkan darah, sperma dan organ.
  11. Disarankan untuk tidak memakai tindik atau membuat tato
  12. Makan makanan siap saji sesegera mungkin
  13. Memasak air hingga mendidih 

Demikianlah pembahasan tentang penyakit Hepatitis. Diharapkan dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang penyakit yang satu ini agar dapat dicegah untuk menyerang tubuh. Lalu jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*